Tugas Akhir (TA) atau yang lebih populer dengan sebutan skripsi merupakan sebuah bentuk kegiatan akademik terakhir yang merupakan akumulasi pengetahuan dari seorang mahasiswa selama mengikuti perkuliahan sesuai dengan bidang keilmuannya. Hasil jadi dari Tugas Akhir tersebut adalah sebuah karya ilmiah yang berisikan hasil analisa atau penelitian tentang sesuatu yang baru, yang nantinya dapat memberikan pencerahan dalam bidang keilmuan.

Kebanyakan dari mahasiswa  mengalami kesulitan dalam menentukan topik bahasan Tugas Akhirnya, sehingga tidak jarang proses penyelesaian Tugas Akhir tersebut memakan waktu yang cukup lama yang tentu saja memberikan dampak negatif bagi mahasiwa itu sendiri. Mungkin beberapa tips berikut ini dapat membantu kita dalam mengambil bahasan Tugas Akhir:

1. Sesuaikan dengan minat.

Jika kita memiliki minat terhadap sesuatu tentunya kita tidak akan merasa berat dalam menjalaninya. Masing-masing dari kita tentunya mengetahui kecenderungan minat kita kearah mana. Jangan memaksakan diri untuk menjalani hal yang menurut kita membosankan, walaupun orang lain mengatakan itu adalah hal yang luar biasa menyenangkan. Jadi nilailah sendiri kearah mana minat anda, semoga hati dan pemikiran anda berjalan ke arah yang sama.

2. Sesuaikan dengan keahlian

Mungkin anda memiliki beberapa minat dan ketertarikan yang berbeda, dan anda merasa kesulitan untuk memilih hal mana yang harus anda jadikan yang utama. Langkah yang paling tegas dalam memutuskannya adalah dengan menilai kemampuan dan keahlian anda berdasarkan fakta-fakta yang ada. Anda dapat menilai keahlian anda berdasarkan prestasi yang telah anda raih di bidang akademis.

3. Pilih hal yang sederhana

Untuk memudahkan pengerjaan pilihlah topik bahasan yang sederhana. Tetapi perlu diingat, sederhana bukan berarti tidak istimewa.  Anda mungkin dapat mencari topik bahasan yang sederhana yang mungkin hingga saat ini orang lain belum pernah memikirkannya.

4. Konsultasikan dengan dosen pembimbing

Dosen pembimbing merupakan tempat kita mendiskusikan berbagai masalah. Anda dapat meminta saran dan kritikan kepada dosen tersebut mengenai beberapa topik yang ingin anda ambil sebagai Tugas Akhir  dan carilah kesepakatan dengannya. Tetapi perlu anda pastikan bahwa anda memilih dosen pembimbing yang terbaik, pilihlah dosen pembimbing yang mudah di ajak berkomunikasi dan tidak sulit untuk ditemui.

5. Minta masukan dari orang-orang terdekat

Mintalah masukan dan saran dari orang-orang terdekat anda. Jangan sungkan untuk memintanya dari mereka, mungkin kita beranggapan mereka tidak memiliki cukup pengetahuan untuk memberikan saran karena perbedaan dalam bidang keilmuan, tetapi mungkin saja mereka dapat memberikan beberapa hal lain yang dapat membawa kita kearah kebaikan.

6. Pastikan anda memiliki referensi yang memadai

Referensi sangat penting sekali dalam penyusunan Tugas Akhir. Segala sesuatu yang nantinya akan kita tuangkan dalam tulisan harus memiliki referensi yang mencukupi. Pastikan bahwa topik bahasan yang anda ambil memiliki banyak referensi, sehingga anda tidak mengalami kekhawatiran jika di kemudian hari anda kehilangan arah dalam proses penulisan laporan.

7. Pastikan judul yang anda ambil tidak sama dengan judul-judul Tugas Akhir yang sebelumnya.

Biasanya data mengenai judul-judul Tugas Akhir yang sudah pernah diambil tercatat dalam database universitas.  Sebaiknya anda pastikan judul yang akan anda ambil benar-benar baru, belum pernah diambil sebelumnya.  Jika anda memaksakan diri untuk mengambil judul yang sama mungkin saja gelar sarjana anda yang akan menjadi taruhannya. Jadi ambillah langkah yang aman.

9. Lakukan dari sekarang.

ya.. sederhana sekali.. lakukanlah semuanya mulai dari sekarang.. buatlah sebuah perencanaan dan laksanakan…

Semoga saja sedikit dari tulisan di atas dapat memberikan pencerahan bagi kita semua.. Semoga bermanfaat..  ^_^

(by: Dian Suhendra,  Contact me at ds4qrenz@ymail.com)