Rabu lalu tepatnya tanggal 28 maret 2012 ada hal yang unik dan menarik serta menggelitik terjadi di ruang perkuliahan (lebay detected.. haha). Sebenarnya gak begitu menarik sih.. tapi agak unik.. begini ceritanya.. *ngambil minum dulu.. Auuss Broo… :D

 

Hari itu saya menjalani aktifitas seperti biasa,  kuliah mulai dari pagi (jam 08.30) sampe siang (jam 11.00).  Abis itu ada jeda kurang lebih 30 menit dan lanjut kuliah terakhir yaitu Mata Kuliah Pilihan ‘Struktur Bangunan Tinggi’.

Mata kuliah yang satu  ini agak menantang.. karena materinya agak cukup lumayan lumanyun susah.. wkwkwkwk..  Ditambah lagi dosennya yang super disiplin.. Apa jangan-jangan karena sang dosen tersebut keturunan China ya… China kan emang terkenal dengan kedisiplinannya.. (katanya sih… belum pernah ke china soalnya.. paling juga ke pondok china.. itu juga udah lama banget… hahaha). Tapi ini gak rasis ya broo.. :)

Materi kuliah hari itu tentang ‘Beban Angin’.. Beban angin maksudnya adalah beban yang bekerja pada sebuah struktur bangunan yang diakibatkan oleh desakan angin baik berupa angin tekan maupun angin hisap.. *wuih.. pinter.. (padahal nyontek diktat.. hahaha).  Waktu pertama beliau menjelaskan materi suasana di ruang kuliah biasa-biasa aja.. slide demi slide bergulir.. hingga tiba-tiba Dosen tersebut menanyakan tentang asal mula angin.. darimana dan kemana bergeraknya..? Nah loh… :D Sebenarnya ini pertanyaan yang sederhana.. Pelajaran IPA kelas 4 SD.. (Buat yang sekolah SD nya aksel dari kelas 1 langsung loncat kelas 6 mungkin gak tau apa jawabannya… :P )

Sang dosen mulai memancing kami untuk menjawab pertanyaan tersebut.. beliau mengatakan “angin itu bergeraknya dari tempat yang panas ke tempat dingin atau dari tempat dingin ke tempat panas?’  Satu kelas pada kebingungan.. (termasuk dosennya… haha..).  Berhubung waktu itu ane duduk depan jd ane coba jawab.. tapi sayangnya ane lupa kalimat jawaban ane.. tapi inti dari jawaban itu ‘Angin itu bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah’.  Sang dosen pun tertawa.. *entah apa maksud beliau ketawa.. tanpa membahas jawaban tadi beliau langsung mengulangi pertanyaannya “angin itu bergeraknya dari tempat yang panas ke tempat dingin atau dari tempat dingin ke tempat panas?” Satu kelas pada ricuh… ada yang bilang dari panas ke dingin, ada yang bilang dari dingin ke panas.. ada juga yang bilang ‘Panaas.. panaas woy.. ni AC gak nyala apa? kok panas bener sih…!’  Wuahaha.. :D  Becanda..🙂

 

Akhirnya sang Dosen tersebut pun menjawab pertanyaannya.. Yang benar itu, angin bergeraknya dari tempat yang panas ke tempat yang dingin.. *waaahh… Salah ini… yang bener itu dari tempat dingin ke tempat yang panas.. tapi ya namanya dosen, kalo dibantah pasti marah.. ya udahlah diem aja.. :D

Okelah kalo yang itu deal aja.. ngecilin masalah.. haha.. tapi ternyata sang dosen kurang puas karena banyak yang berbisik disana-sini membantah argumen sang dosen.. Akhirnya beliau beliaupun memberikan argumen pamungkas.. ‘Begini saja.. sekarang apa definisi angin laut dan angin darat?’ Kembali lagi satu kelas diem.. (kalo pertanyaan yang ini emang agak susah broo… sering kebolak-balik soalnya.. haha). Beliau pun menjelaskan bahwa angin laut itu angin yang bertiup ke laut… dan angin darat itu angin yang bertiup ke darat… *wuiihh… wrong way my Brooo… kebalik itu..!

Satu kelas tiba-tiba gaduh… membantah pernyataan sang dosen.. sang dosen pun akhirnya kebingungan.. (ini bocah pada ngocol banget yak? *gumam sang dosen dalam hati.. wkwkwkwk…).  Tetapi keliatannnya sang dosen tetap bersikukuh dengan pernyataannya.. okelah broo.. *damai itu indah..

Kuliah pun berlanjut.. Sang dosen kembali ke laptop.. (oke.. kembali ke laaaappp.. tooop.. :D ). Pas buka slide yang tadi sempat di delay ternyata disitu ada jawabannya broo.. *jreng..jreeng..

Ternyata yang bener itu ‘Angin bertiup dari tempat yang dingin ke tempat yang panas’.  Akhirnya kebenaran pun terungkap, sang dosen pun tersipu malu… hehehe…

Tapi yang buat heran sang dosen tetap bersikukuh kalo angin darat itu bertiupnya ke darat dan angin laut itu bertiup ke laut.. ditambah lagi beliau bilang kalo angin laut itu sering dimanfaatkan para nelayan buat pergi melaut.. dan yang anehnya lagi beliau menambahkan kalo nelayan itu perginya siang dan pulangnya malem… wuahahaha… sekelas langsung ngakak broo… :D

 

Sekian deh ceritanya… semoga angin darat dan angin laut tetap menjadi misteri… haha…